Rabu, 02 Oktober 2013

Cara-Cara Mengatsai dan Mencegah Sakit Maag

Kali ini saya akan membagikan artikel tentang cara mengatasi sakit maag dengan alami. Karena kesehatan itu sangat mahal harganya, untuk itu, marilah kita menjaga agar tubuh tetap sehat menjalani aktifitas sehari-hari.

Apa anda pernah atau sering mengalami rasa perih di bagian lambung? apalagi ketika tidak makan apapun seharian. Mungkin saja anda sedang mengalami penyakit maag, jangan terlalu lama ditunda-tunda. Segera obati, karena bisa jadi suatu saat sakit maag anda akan berubah menjadi sakit maag kronis yang sakitnya luar biasa.

Gejala sakit maag bukan saja lambung yang terasa perih, tetapi ada beberapa gejala lain, seperti mual, muntah, sering merasa lapar, perut kembung, sering bersendawa padahal perut kosong, dan sakit saat buang air besar.

Penyebab sakit maag bisa diakibatkan oleh berbagai macam, yang paling umum adalah karena pola makan yang tidak teratur. Penyabab lainnya, bisa terjadi karena mengkonsumsi obat-obatan, minum alkohol, stres, depresi, bahkan bisa diakibatkan karena pola tidur yang tidak teratur dan sering begadang.

Jenis penyakit maag itu terdapat berbagai macam. Diantaranya adalah:

Maag Ringan
Maag jenis ini biasanya tidak menimbulkan sakit apa-apa tapi kadar asam lambung sudah berlebihan pada bagian dinding lambung.

Maag Sedang
Maag jenis ini sudah terasa sakitnya yang ditandai dengan rasa perih pada bagian lambung, biasanya juga disertai dengan rasa mual dan muntah.

Maag Kronis
Maag kronis ini sudah benar-benar menyakitkan, dan harus dilakukan segera penanganan agar si penderita tak kesakitan terlalu lama dan tambah lebih parah.

Nah, jika anda atau ada salah satu keluarga anda menderita sakit maag,  saya mempunyai beberapa tips untuk pengobatan yang saya ambil dari beberapa media, mengatasi dan mencegah sakit maag dengan alami. Simak tips berikut ini:

Mengobati Penyakit Maag
Untuk pengobatannya, yang paling umum adalah menggunakan Antasida untuk menetralisir asam lambung serta menghilangkan rasa nyeri pada lambung. Selain itu, ada juga jenis obat-obatan lain, seperti Pompa Proton untuk menghentikaan produksi asam lambung, Ranitidin untuk mengobati tukak lambung, dan berbagai jenis obat-obatan lainnya.

Mengatasi dan Mencegah Penyakit Maag
Bukankah mencegah lebih baik dari pada mengobati? Ada beberapa tips agar dapat mengatasi dan mencegah sakit maag dengan alami, antara lain:

1. Makan teratur, ini adalah cara paling ampuh karena sakit maag biasanya diakibatkan karena pola makan yang tidak teratur maka anda harus mengatur pola makan untuk mengatasi penyakit maag. Jangan sampai telat makan, usahakan 3 kali sehari.

2. Hindari Minuman yang dapat meningkatkan asam lambung, seperti kopi, minuman bersoda, alkohol ataupun makanan yang mengandung cuka berlebih.

3. Makan makanan yang mudah dicerna oleh lambung, ini berguna untuk meringankan kerja lambung apalagi jika sedang terkena maag. Pilihlah makanan yang banyak mengandung serat, seperti jelly, rumput laut dan sayur-sayuran. Serta jangan lupa juga untuk mengkonsumsi buah-buahan yang bersifat lunak, seperti pepaya.

4. Tidur teratur, tak hanya pola makan yang harus anda atur tapi juga pola tidur anda juga harus anda atur karena pola tidur juga salah satu penyebab sakit maag. Usahakanlah untuk tidur 8 jam sehari.

5. Hindari stres, karena stres juga bisa menyebabkan sakit maag, jadi anda harus bisa menghindari stres tersebut. Untuk itu, saya sarankan agar menghindari hal yang bisa membuat kita stres. Refreshing dengan berjalan-jalan dan liburan sambil menikmati indahnya ciptaan Allah.

6. Berdoa kepada Allah, Harga emas dan perak tidak sepadan dengan harga kesehatan. Untuk itu, marilah berdoa kepada Allah, semoga diberikan kesehatan dan kesembuhan atas segala penyakit yang diderita. Agar bisa menjalani aktifitas dan beribadah serta beramal di jalan-Nya.

Demikian cara mengatasi sakit maag dengan alami, semoga dapat membantu anda menghilangkan serta membuang jauh-jauh rasa perih yang diakibatkan karena penyakit maag.


Related Post:

Widget by [ Coretan Hidupku ]

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
Widget edited by hansrubly.com

 
Design by | Coretan Hidupku |