Sabtu, 23 November 2013

Tips Untuk Mencegah Sakit Lambung

Naiknya asam lambung dari perut menuju kerongkongan akan menyebabkan rasa nyeri di dada atau heartburn yang sangat tidak nyaman. Tidak selalu harus dengan obat, gangguan ringan seperti ini bisa juga diatasi dengan banyak cara lain.

Obat-obatan untuk mengatasi heartburn karena asam lambung sebenarnya banyak dijual dan beberapa di antaranya bisa dibeli tanpa harus menggunakan resep dokter. Tetapi kalau masih bisa diatasi dengan cara-cara alami, mengapa harus dengan obat? Mencegah lebih baik dari mengobati.

Berikut ada 8 tips untuk mencegah sakit lambung

1. Mengurangi atau menghindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein, coklat, juga mint. Bahkan kopi yang tidak mengandung kafein (decaf) pun dapat meningkatkan produksi asam lambung.

2. Menghindari minuman bersoda.

3. Menerapkan diet yang kaya akan buah dan sayur, tetapi hindari buah dan sayur yang sifatnya asam seperti jeruk, lemon, jeruk bali dan nanas.

4. Menjaga kondisi pencernaan yang sehat dengan menghindari lemak jenuh dan asupan lemak berlebihan, terutama jika memiliki kelebihan berat badan. Sebab obesitasjuga meningkatkan risiko GERD.

5. Setelah makan berjalan-jalanlah sebentar. Atau paling tidak tetap duduk atau berdiri tegak. Jangan berbaring atau melakukan gerakan membungkuk.

6. Hindari makan sebelum tidur. Pastikan waktu terakhir anda mengonsumsi makanan adalah dua jam sebelum tidur.

7. Sebaiknya posisikan tubuh miring ke kiri ketika tidur. Posisi lambung menjadi lebih tinggi dari kerongkongan, jika miring ke kanan.

8. Jangan minum-minuman keras, karena bisa merusak lambung. Lambung bisa saja infeksi menjadi hitam busuk kemudian dampak akan batuk darah.

Related Post:

Widget by [ Coretan Hidupku ]

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
Widget edited by hansrubly.com

 
Design by | Coretan Hidupku |